Yang Butuh Kode Swift Bank Indonesia lengkap  

Jumat, 07 November 2008

Kode Swift Bank Indonesia

SWIFT (Society for Worldwide Interbank Financial Telecommunication) adalah sebuah perusahaan yang menyediakan layanan komunikasi bagi institusi keuangan antar negara. Layanan komunikasi ini menyediakan otomatisasi dan standarisasi sistem untuk transaksi keuangan. Keuntungan yang diperoleh adalah keamanan transaksi, mengurangi resiko operasional, effisiensi biaya dan effektifas operasional lainnya.

Salah satu kemudahan yang bisa kita rasakan adalah untuk pengiriman/ transfer uang dari dan ke luar negeri . Untuk melakukan transaksi ke Indonesia dibutuhkan sebuah kode SWIFT Bank di Indonesia. Kode ini dapat berupa BIC (Bank Identifier Code) untuk institusi perbankan atau BEI (Bussines Entity Identifier) untuk institusi keuangan/perusahaan. BIC/BEI terdiri dari 2 tipe yaitu BIC/BEI 8 yang terdiri dari 8 digit dan BIC/BEI 11 yang terdiri dari 11 digit kode. Struktur BIC/BEI 11 tersebut terdiri dari :

  • 4 digit untuk kode Bank/Institusi keuangan/ Perusahaan : AAAA
  • 2 digit untuk kode Negara : BB
  • 2 digit untuk kode kota / lokasi/wilayah / area : CC
  • 3 digit untuk kode cabang/unit/departemen : DDD

Sehingga BIC/BEI 11 ini ditulis “AAAABBCCDDD” dan menjadi kode SWIFT dari institusi yang bersangkutan. Tiga digit terakhirnya dapat dibuang ,jika hanya dibutuhkan kode 8 digit. Pada BIC/BEI 8 yang digit terakhirnya memiliki angka 1 diartikan bahwa institusi keuangan tersebut tidak terhubung langsung dengan jaringan global SWIFT. Sementara untuk kantor Pusat atau institusi yang hanya memiliki 1 koneksi ke SWIFT maka 3 digit terakhirnya adalah XXX .

Berikut kode SWIFT (BIC 11) untuk bank di Indonesia yang tergabung dalam jaringan SWIFT yang masih aktif s.d tgl 2 Agustus 2008.

Design by Amanda @ Blogger Buster